Selain Strava, Berikut Ini 7 Aplikasi Bersepeda Lainnya
Selain Strava, Berikut Ini 7 Aplikasi Bersepeda Lainnya

Selain Strava, Berikut Ini 7 Aplikasi Bersepeda Lainnya

One Post
1 detik yang lalu Last Updated 1 detik yang lalu

Aplikasi BersepedaBaru-baru ini, bersepeda tengah menjadi tren dimana Anda bisa mendapat banyak pengalaman baru kala berkeliling kota. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menemukan teman-teman baru yang mana dapat menambah lingkup sosialisasi Anda. Untuk memaksimalkan pengalaman bersepeda Anda, maka tidak ada salahnya Anda menggunakan aplikasi tambahan pada smartphone Anda. Yuk, simak beberapa rekomendasi aplikasi apa saja yang bisa Anda download.

Aplikasi Bersepeda, App Bersepeda

Daftar Aplikasi Bersepeda Untuk Menghitung Kilometer

Mendownload aplikasi bersepeda untuk menghitung kilometer tentunya sangat membantu agar Anda bisa tahu seberapa jauh Anda sudah berpetualang. Terlebih di zaman dimana sekarang ini smartphone sangat menjadi andalan dalam berbagai kegiatan, tak terkecuali bersepeda. Bahkan tak jarang, tambahan aplikasi ini bisa membuat performa bersepeda Anda menjadi lebih maksimal dan tentunya mendatangkan banyak manfaat pada kesehatan Anda.

Di Playstore dan App Store, ada banyak jenis aplikasi penghitung kilometer kala bersepeda yang bisa Anda download. Ada yang bisa digunakan dengan full gratis, ada yang memberi trial version dan berbayar, serta ada juga aplikasi yang dipakai dengan membayar penuh lebih dulu. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda. Apapun pilihannya, semua aplikasi berikut ini sangat bagus untuk Anda gunakan menghitung kilometer, antara lain :

1. Strava : Run & Ride Training

Strava : Run & Ride Training App
Aplikasi Strava : Run & Ride Training

Aplikasi penghitung kilometer saat bersepeda yang pertama adalah Strava : Run & Ride Training. Aplikasi ini tidak hanya populer dipakai dalam bersepeda, tapi juga kerap digunakan oleh mereka yang tengah lari, berenang, hingga gym. Pasalnya, keunggulan aplikasi ini tidak hanya di fiturnya yang bisa digunakan untuk menghitung kilometer, tapi kemudahannya untuk share di media sosial.

Tentunya, keunggulan-keunggulan ini akan memudahkan Anda untuk bisa berbagi kegiatan bersepeda Anda, memotivasi orang yang mengikuti akun media sosial Anda, dan juga bisa digunakan untuk menemukan orang dengan hobi bersepeda yang sama. Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan gratis atau berbayar. Ada perbedaan di kedua jenis versi tersebut, namun apapun pilihannya, Strava tetap jadi satu yang terbaik untuk sepeda.

2. Map My Ride GPS Cycling Riding

App Map My Ride GPS Cycling Riding
Aplikasi Map My Ride GPS Cycling Riding

Aplikasi penghitung kilometer saat bersepeda yang kedua adalah Map My Ride GPS Cycling Riding. App ini juga memiliki fitur yang sama seperti Strava, yakni untuk mencatat dan menganalisa sejauh mana Anda bersepeda. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan pengukur kalori, rute, dan record time. Bahkan karena dibuat oleh Under Armour, maka ada fitur yang menghubungkannya dengan sepatu.merk tersebut.

Lantaran sama dengan Strava, maka app ini juga bisa dipakai untuk sharing moment yang mana bisa untuk memotivasi orang lain untuk bersepeda. Sebenarnya, app ini tidak hanya bisa untuk bersepeda saja, tapi juga bisa untuk gym, jalan kaki, berlari, dan olahraga-olahraga lainnya. Jika Anda ingin membeli versi berbayar aplikasi ini, maka Anda akan mendapat tambahan fitur berupa bebas iklan, plan training, hingga peta dan live tracking.

3. Google Maps – Transit & Food

Google Maps – Transit & Food App
Aplikasi Google Maps – Transit & Food

Aplikasi penghitung kilometer saat bersepeda yang selanjutnya adalah Google Maps – Transit & Food. Aplikasi besutan google ini memang salah satu aplikasi peta terbaik yang ada di dunia digital. Sebagian besar orang kala bepergian pasti menggunakan Google Maps untuk penunjuk arah. Namun tahukah Anda selain ada fitur navigasi, rupanya aplikasi ini juga bisa dipakai untuk menghitung kilometer kala Anda bersepeda?

Meski aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk analisa dalam hal heart rate, power, dan speed seperti Strava, namun Anda tetap masih bisa mengandalkan Google Maps untuk menghitung jarak, melihat kemacetan jalan, hingga mencari jalan pintas khusus jalur sepeda. Bahkan, Anda juga bisa melihat mana saja tempat Anda bisa beristirahat, mulai dari cafe, restoran, hingga spot menarik seperti tempat wisata.

4. Cyclemeter Cycling Running GPS

Cyclemeter Cycling Running GPS App
Aplikasi Cyclemeter Cycling Running GPS

Aplikasi penghitung kilometer saat bersepeda yang keempat adalah Cyclemeter Cycling Running GPS. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang banyak di download karena kemudahan analisisnya. Jadi selain untuk menghitung jarak Anda bersepeda, Cyclemeter juga bisa dipakai untuk menampilkan data, tabel, dan grafik yang powerful serta cukup statistik.

Ada banyak fitur menarik lagi di aplikasi ini, contohnya recording dengan remote headset, deteksi otomatis recording saat Anda berhenti, dan juga penyimpanan di Cloud. Anda juga bisa mengimport data dari penyimpanan tersebut untuk dipakai dalam pemetaan. Keren, bukan?

5. Relive Your Outdoor 3D Videos

Relive Your Outdoor 3D Videos App
Aplikasi Relive Your Outdoor 3D Videos

Selanjutnya, aplikasi penghitung kilometer saat bersepeda yang recommended adalah Relive Your Outdoor 3D Videos. Aplikasi ini adalah perekam jarak bersepeda yang mana akan membuat rute Anda menjadi video story 3D.

Anda bisa mengupload datanya nanti ke media sosial dan juga bisa memamerkan pemandangan 3D landscape pada sosial media Anda. Anda bisa menggunakan versi berbayar dari aplikasi ini jika ingin mendapat tambahan fitur, seperti musik, video interaktif, hingga penggabungan foto dan video.

6. Runtastic Road Bike GPS

Runtastic Road Bike GPS App
Aplikasi Runtastic Road Bike GPS

Keenam, aplikasi penghitung kilometer saat bersepeda adalah Runtastic Road Bike GPS. Aplikasi ini akan membuat Anda memiliki berbagai fitur unggulan kala bersepeda. Sebut saja tracking, jarak, kecepatan, kalori, hingga analisis data heart rate. Anda juga bisa membagikannya ke sosial media dan membuat peta offline.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan kala Anda tidak memakai wifi atau koneksi internet apa pun. Jadi Anda yang kehabisan paket data, wajib mencoba aplikas ini jika ingin bersepeda. Selain versi gratis, Anda juga bisa mendapat versi PRO dengan harga cukup murah, yakni 59 ribu rupiah.

7. Komoot – Cycling & Hiking Maps

Komoot – Cycling & Hiking Maps App
Aplikasi Komoot – Cycling & Hiking Maps

Nomor tujuh, aplikasi yang bagus untuk menghitung kilometer saat bersepeda adalah Komoot – Cycling & Hiking Maps. Aplikasi ini tidak hanya bagus untuk melihat jarak, tapi juga bisa untuk melihat naik turun jalan, elevasi, hingga berbagai road yang Anda lalui. Jadi tidak hanya bersepeda, aplikasi ini rupanya juga bisa dipakai untuk sepeda balap, touring, dan lain sebagainya.

Ada berbagai jenis smartphone yang kompatible dengan aplikasi ini. Sebut saja Apple iPhone, Samsung, dan lain-lainnya. Bahkan, aplikasi ini bisa dipasangkan di PC, Samsung Gear, Apple Watch, Wahoo, hingga Garmin.

8. Endomondo Sports Tracker

Endomondo Sports Tracker App
Aplikasi Endomondo Sports Tracker

Terakhir, aplikasi yang cocok untuk menghitung jarak Anda dalam bersepeda adalah Endomondo. Aplikasi ini tidak hanya dipakai untuk bersepeda saja, sama seperti lainnya ia juga bisa dipakai untuk fitness, training, dan kegiatan olahraga lainnya. Anda bisa menggunakan aplikasi dalam versi berbayar dan versi gratis.

Cukup pilih settingan olahraga yang Anda mau kala hendak menggunakannya karena Endomondo setidaknya memiliki sekitar 40 jenis olahraga. Kemudian, Anda bisa menyambungkannya dengan berbagai gadget dan smartphone Anda. Jika mau, Anda juga bisa sharing di media sosial mengenai kegiatan Anda. Simpel tapi multifungsi, ya?

Itulah ulasan mengenai daftar rekomendasi aplikasi apa saja yang bisa Anda download untuk memaksimalkan pengalaman bersepeda Anda dengan menghitung kilometer. Semoga dengan melakukan kegiatan bersepeda tubuh anda manjadi sehat.