Selain KineMaster, Inilah 9 Aplikasi Edit Video Lainnya
Selain KineMaster, Inilah 9 Aplikasi Edit Video Lainnya

Selain KineMaster, Inilah 9 Aplikasi Edit Video Lainnya

One Post
1 detik yang lalu Last Updated 1 detik yang lalu

Aplikasi Edit VideoHarus diakui bahwa saat ini, aplikasi video editor sudah menjadi salah satu kategori yang cukup banyak diinstal saat ini karena memudahkan siapapun untuk membuat konten, utamanya yang berupa video. Software yang kini juga hadir untuk perangkat mobile ini memungkinkan siapapun untuk menciptakan video sesuai keinginan dan kebutuhan. Entah itu sekedar untuk dokumentasi pribadi atau bahan unggahan ke media sosial, orang cenderung melakukan editing agar lebih sesuai dengan tujuannya. Tak terkecuali dengan Kamu yang mungkin sat ini sedang bingung memilih, mana app edit video terbaik.

Aplikasi Edit Video, Aplikasi Video

Kegunaan Aplikasi Edit Video

Memang, Kamu bisa merekam video langsung dari kamera smartphone, menyimpannya di galeri atau langsung membagikannya ke blog ataupun media sosial. Tapi, apakah kamu cukup puas dengan hasil rekamanmu itu? Terkadang, Kamu harus menambahkan filter tertentu agar video bisa menghasilkan suasana tertentu yang membuat pemirsa lebih terkesan. Entah itu, vide dengan tema yang informatif edukatif, retro, romantis atau sekedar lucu-lucuan saja.

Tak hanya itu, kadang Kamu juga ingin membuang bagian rekaman tertentu yang tak diinginkan. Misalnya ada orang asing yang ikut terekam hingga merusak suasana video. Atau kejadian fail yang bakal membuat malu dan sebagainya. Nah, tools edit video bisa Kamu gunakan untuk membuang bagian yang tak diinginkan tersebut. Dengan begitu, Kamu tak perlu bolak-balik mengulang sesi rekaman hanya gara-gara ada bagian yang tak diharap di tengah-tengah durasi.

Selain filter, Kamu juga bisa menambahkan efek, sticker atau musik demi membuat karyamu tersebut semakin epic. Hasilnya, video yang khusus Kamu buat untuk tujuan komedi, prank, travelling, vlog dan lain sebagainya tersebut, bisa lebih mengena ke audience. Beberapa apk video juga memungkinkan Kamu untuk memperkecil ukuran file (compress) agar lebih mudah di-share atau di-upload sehingga Kamu bisa lebih hemat kuota dan bandwith.

Walau menawarkan banyak kemudahan, yang perlu Kamu ingat adalah tidak semua aplikasi video editor yang ditawarkan di Playstore ataupun App Store itu gratis. Dengan fitur yang bersaing, apps tersebut ada yang menerapkan sistem langganan, gratis dengan iklan ataupun watermark pada hasil video yang dibuat. Jadi, sama halnya dengan app lainnya, tools editing ini juga memiliki 2 kategori yaitu free dan premium. Lantas, mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu?

Daftar Aplikasi Edit Video di Smartphone

Ada cukup banyak app yang bisa Kamu coba di penyedia aplikasi, masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan. Untuk bisa menemukan software yang paling ideal, Kamu tidak harus mencoba semuanya, karena dalam artikel ini ada daftar app rekomendasi yang bisa digunakan untuk menyunting video. Diantaranya:

1. Video Collage

Video Collage App
Aplikasi Video Collage

Sederhana, tanpa watermark dengan tampilan yang keren. Mungkin inilah yang Kamu dapatkan dari Video Collage yang memungkinkan Kamu membuat video dari komposisi lagu (musik), gambar-gambar dan latar belakang menjadi kolase video foto. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur seperti filmstrip, scrapbook, slideshow atau bahkan meme untuk menyesuaikan videomu. Ad apula berbagai pilihan efek yang bisa Kamu pilih secara real time saat merekam.

2. InShot

InShot App
Aplikasi InShot

Penggunaan yang mudah menjadi alasan utama mengapa app yang satu ini banyak dicoba para pemula. Mereka yang kepincut dengan performa InShot cenderung setia karena app ini juga tanpa watermark. Meskipun menawarkan operasional yang sederhana, nyatanya InShot tetap sanggup mengakomodir berbagai aktifitas edit, mulai dari crop, frame, stiker, blur hingga menambahkan teks ke dalam frame. Sayangnya, ia belum mendukung efek transisi dan fitur tema.

3. Google Photos

Google Photos App
Aplikasi Google Photos

Kalau kamu mencari aplikasi video editing gratis lain yang juga tanpa watermark, coba Kamu lihat dulu di ponselmu, adakah Google Photos di drawer atau homescreen. Software yang juga banyak dijadikan sebagai app bawaan ponsel ini ternyata juga mendukung edit video loh, meskipun kemampuannya terbatas. Kamu bisa melakuan stabilisasi video, menggabung beberapa klip, menerapkan style pengeditan dan menambah backtrack. Sayangnya, kinerja tools yang memerlukan akun Gmail ini akan sangat dipengaruhi oleh kecepatan jaringan dan spesifikasi ponselmu.

4. Quik

Quik App
Aplikasi Quik

Dikembangkan oleh produsen kamera aksi terkemuka dunia, Quik juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk edit video tanpa watermark. Kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur mulai dari basic editing sampai auto edit yang menyesuaikan background musik secara otomatis. Quik juga menawarkan efek transisi yang juga secara otomatis menyesuaikan dengan alunan musik dalam video. Pun begitu, Kamu tetap bisa memotong klip, menambahkan efek, teks serta menyesuaikannya dengan berbagai kategori musik. Hasil video bisa disimpan dalam resolusi 1080p ataupun 720p sesuai kebutuhan.

5. FilmoraGo

FilmoraGo App
Aplikasi FilmoraGo

Aplikasi video editor yang juga tak kalah populer ini menawarkan penggunaan yang mudah. Selain itu, Kamu juga bisa langsung mengunggah video hasil edit dari app ini ke segala macam media sosial. Bahkan, Kamu yang tak berencana membagikannya juga bisa menyimpan video tersebut ke memori ponsel. FilmoraGo ini mendukung operasi seperti pemangkasan, pemotongan, tambahkan tema, musik dan masih banyak lagi. Kamu bisa mendapatkan video unik dengan rasio aspek 1:1 ataupun 16:9, video terbalik, efek transisi, slow motion, teks dan sebagainya secara cuma-cuma. Kalau dirasa masih kurang, masih ada sejumlah tambahan fitur yang layak beli.

6. VideoShow

VideoShow App
Aplikasi VideoShow

Bisa dikatakan bahwa perangkat lunak yang satu ini memiliki pamor yang cukup mentereng karena sudah banyak penghargaan yang berhasil diraihnya. App gratis ini banyak digunakan untuk memperindah video dengan tambahan teks, efek visual, efek audio, menambahkan musik latar atau bahkan dubbing secara real-time. Ia juga ditawarkan bersama lebih dari 50 tema yang bebas dipilih, opsi edit tanpa batasan durasi dan degradasi kualitas. Ia juga mendukung fitur kompresi video.

7. Adobe Premiere Clip

Adobe Premiere Clip App
Aplikasi Adobe Premiere Clip

Kalau yang satu ini, mungkin akan lebih ideal kalau digunakan oleh profesional atau yang sudah punya pengalaman soal edit video sebelumnya. Software yang diperkenalkan oleh pengembang perangkat lunak terkenal ini memungkinkan Kamu mengedit video otomatis dengan menambahkan foto ataupun klip pilihan langsung dari ponsel android. Berbagai operasi editing seperti memotong, memangkas, efek transisi, musik latar, filter, efek lain bisa Kamu manfaatkan dari software ini. kalau Kamu kesulitan mencari app ini, coba lakukan pencarian di penyedia pihak ketiga.

8. PowerDirector

PowerDirector App
Aplikasi PowerDirector

Tak jauh berbeda dari app di atas, PowerDirector juga menjadi opsi yang ideal bagi mereka yang sudah berpengalaman. Di app ini, Kamu akan dihadapkan pada fitur dan operasi lengkap yang bisa sangat menantang bagi para pemula. Bahkan, Kamu juga bisa berkreasi dengan video green screen dari software yang satu ini. Sebagai awalan, Kamu bisa menikmati lebih dari 30 efek serta efek transisi untuk ditambahkan ke video.

9. Magisto

Magisto App
Aplikasi Magisto

Kalau Kamu tidak mau pusing dengan berbagai ikon dan operasi edit yang berbelit, masih ada pilihan lain yang juga bisa jadi alternatif. Ya, Kamu bisa mengandalkan kecerdasan buatan untuk membantumu mendapatkan video sesuai harapan. Algoritma Magisto menawarkan fitur seperti penggabungan klip, foto, musik, teks, efek maupun filter agar menghasilkan konten yang lebih bernilai.

Itulah beberapa manfaat menggunakan aplikasi video editor dan rekomendasi yang bisa Kamu coba baik gratis, tanpa watermark dan yang premium. Masih ada beberapa nama app lain yang mungkin juga bisa Kamu cek jika rekomendasi di atas kurang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu, seperti KineMaster, VivaVideo, Funimate ataupun Movie Maker Filmmaker yang juga layak untuk dijajal.