Selain Vidmate, Berikut Ini 10 Aplikasi Download Video Lainnya
Selain Vidmate, Berikut Ini 10 Aplikasi Download Video Lainnya

Selain Vidmate, Berikut Ini 10 Aplikasi Download Video Lainnya

One Post
1 detik yang lalu Last Updated 1 detik yang lalu

Aplikasi Download Video - Saat sedang mejelajah media sosial, tak jarang Kamu menemukan video menarik yang harus didokumentasikan. Sayangnya, konten informatif atau menghibur tersebut tidak boleh didownload demi alasan privasi dan sebagainya.

Aplikasi Download Video Online Gratis Tanpa Ribet

Adapun beberapa jenis konten yang boleh disimpan, sangatlah terbatas dan jarang diantaranya yang sesuai harapan. Untuk itu, mungkin diantara Kamu sudah pernah ada yang mencoba software downloader seperti aplikasi VidMate dan yang sejenisnya.

Daftar Aplikasi Download Video:

Seperti yang Kamu ketahui bahwa platform berbagi video terbesar saat ini, YouTube, sudah menyediakan fitur download video meskipun untuk menikmatinya Kamu terikat dengan aplikasinya. Menggunakan aplikasi VidMate dan sejenisnya, artinya Kamu bisa menyimpan video dalam format populer yang bisa diputar dari software apapun.

VidMate sendiri terkenal sebagai tools untuk mengunduh video maupun lagu dari berbagai platform populer seperti YouTube, Vimeo, Dailymotion, Metacafe, SoundCloud dan sebagainya. Ada banyak situs penyedia layanan video yang telah didukung oleh VidMate dengan pilihan kualitas unduhan yang bisa dipilih sesuai keinginan. Selain itu, Kamu juga bisa menambahkan situs lain secara manual jika pilihan sumber video dan lagu yang Kamu sukai tidak ada di tampilan utamanya.

Sayangnya, app VidMate yang memiliki fitur sangat lengkap untuk menyimpan video dan lagu ini tidak tersedia di Google Play Store maupun penyedia aplikasi resmi lainnya. Begitu pula dengan app sejenis yang menawarkan fitur tak kalah bersaing dari VidMate yang dikembangkan oleh VidMate Studio ini. Satu-satunya cara untuk mendapatkan app pengunduh seperti ini adalah dari sumber pihak ketiga.

VidMate dikenal karena dukungan situs sumbernya yang terbilang lengkap dan masih bisa ditambah secara manual. Ia juga dianggap memiliki interface yang sederhana yang artinya mudah untuk dipelajari dan digunakan. Namun tak ada salahnya jika Anda juga mempertimbangkan aplikasi sejenis yang menawarkan kemampuan tak kalah lengkap dari VidMate. Diantaranya:

1. TubeMate

TubeMate App
Aplikasi TubeMate

TubeMate bisa dikatakan identik dengan YouTube karena lebih mengkhususkan layanannya untuk platform tersebut. Perangkat lunak ini menawarkan fitur dasar dan tampilan sederhana yang bisa langsung Kamu gunakan untuk mendownload konten video YouTube dalam berbagai pilihan resolusi dan format sesuai kebutuhan.

Tak hanya sampai di situ, TubeMate juga memiliki fitur pause dan resume dalam proses download sehingga Kamu bisa lebih leluasa mengatur bandwith. Ia juga bisa meng-convert konten atau file video menjadi lagu dalam format MP3. Jika Kamu berencana hanya mengunduh konten dari YouTube, maka app ini jadi rekomendasi utamanya.

2. SnapTube

Kalau Kamu membutuhkan pilihan sumber lainnya, dari media sosial misalnya, maka SnapTube bisa Kamu pertimbangkan. Menggunakan rekomendasi yang satu ini, Kamu bisa mengamankan video dari media sosial populer mulai dari YouTube, Facebook sampai Instagram. Dan, juga dalam bermacam pilihan format dan resolusi tentunya.

Selain itu, yang mungkin membuat Kamu semakin harus memperhitungkan tools yang satu ini adalah semua fitur dan layanan yang ia tawarkan bisa Kamu gunakan secara gratis tanpa ada tambahan biaya. Menarik sekali bukan? Namun ya itu tadi, ia mungkin lebih cocok untuk mendownload video dari media sosial populer saja.

3. All Video Downloader

All Video Downloader App
Aplikasi All Video Downloader

Nah jika Kamu memerlukan software yang mendukung lebih banyak sumber atau katakanlah bisa digunakan untuk situs apapun, All Video Downloader mungkin menjadi jawaban yang tepat atas kebutuhanmu tersebut. Ini karena tools yang dikembangkan oleh snowwhiteapps ini lebih mengandalkan built-in browser di dalamnya.

Menggunakan fitur tersebut, Kamu pun bisa langsung menjelajah mencari konten video yang ada di internet, terlepas dari situs apa yang menyimpannya. Ia juga dikenal dengan kecepatan download yang cenderung stabil. Bahkan, ia juga dianggap ideal untuk perangkat dengan spesifikasi terbatas sekalipun, karena tergolong ringan meskipun sedikit menyulitkan dalam hal penggunaan.

Ada pula beberapa referensi app lain yang juga bisa Kamu manfaatkan sebagai downloader video pengganti aplikasi VidMate, antara lain:

4. ArkTube

ArkTube App
Aplikasi ArkTube

ArkTube yang bisa Kamu dapatkan dari XDA Developers ini mungkin juga bisa kamu pertimbangkan sebagai pilihan lain seandainya beberapa rekomendasi di atas kurang sesuai dengan preferensimu. App ini memungkinkan Kamu untuk mengunduh video dari sumber lalu menyimpannya ke penyimpanan ponsel dengan mudah.

5. Dentex

Dantex App
Aplikasi Dantex

Tools yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai app alternatif VidMate karena proses download yang dilakukan terbilang cepat dan mudah. Dentex juga memiliki karakteristik ideal untuk digunakan pada perangkat dengan spek terbatas. Walau begitu, fiturnya juga tak bisa dianggap ringan mulai dari dukungan multi-download sekaligus, mendukung unduhan format video mulai dari 3GP, MP4, FLV, MOV dan sebagainya.

6. InsTube

InsTube App
Aplikasi InsTube

Dari namanya, mungkin Kamu langsung menganggap bahwa app yang satu ini hanya bisa digunakan untuk download video dari InstaGram saja. nyatanya, ia juga bisa mendownload video dari Youtube dan situs berbagai video lain. Ya Kamu bisa menggunakannya di platform lain seperti Facebook, SoundCloud, VuClip dan sebagainya. InsTube juga memiliki fitur Video Lock untuk lebih mengamankan video unduhanmu yang berupa MP3, MP4, 3GP maupun M4A dari mata-mata jahil.

7. Videoder

Videoder App
Aplikasi Videoder

Downloader yang satu ini juga memiliki dukungan multi-platform, artinya bisa mengunduh konten dari lebih banyak sumber. Kamu bisa mendapatkan konten dari Facebook, Instagram, Vimeo maupun DailyMotion dengan pilihan kualitas hingga resolusi 2K bahkan 4K. Artinya Kamu pun bisa lebih bebas menikmati hasil unduhan baik di layar kecil smartphone ataupun di SmartTV.

8. KeepVid

KeepVid App
Aplikasi KeepVid

Awalnya, Keepvid merupakan situs aplikasi website yang bisa digunakan untuk mendownload video dari berbagai sumber. Belakangan ia juga dikembangkan menjadi app yang bisa diinstal di perangkat (dengan cara yang tidak resmi tentunya). Artinya, untuk menikmati layanannya pun menjadi semakin mudah. Sang developer juga berhasil membuatnya menjadi tools yang ringan dan mendukung berbagai resolusi unduhan seperti Full HD 1080p, 720p, 480p bahkan 320p.

9. AyaTube

AyaTube App
Aplikasi AyaTube

Untuk app yang satu ini, Kamu akan disuguhi tampilan yang cenderung sederhana, mudah untuk dipelajari dan Kamu gunakan. AyaTube memungkinkan Kamu untuk mengunduh berbagai macam konten video yang bertebaran di YouTube, Facebook, Instagram, Vimeo maupun Twitter. Meskipun tergolong simple, ia tetap menawarkan fitur esensial dan pilihan ukuran file yang hendak didownload.

10. MTube

Tampilan intuitif yang mudah digunakan membuat Mtube juga banyak digunakan orang untuk mendownload video Youtube. Perangkat lunak yang bisa Kamu dapatkan secara gratis ini bahkan bisa Kamu pasangkan di ponsel dengan OS android 4.1 sekalipun. Menggunakan app ini, Kamu juga bisa memilih apakah ingin mengunduh video atau hanya audio saja.

Itulah rekomendasi dan referensi yang layak Kamu pertimbangkan sebagai alternatif dari aplikasi VidMate. Sekali lagi perlu Kamu ingat bahwa semua app di atas tidak tersedia secara resmi yang artinya Kamu bertanggung jawab sepenuhnya atas risiko menggunakan software yang disediakan oleh penyedia pihak ketiga. Kamu juga harus memastikan bahwa file yang Kamu unduh adalah installer dari app yang dimaksud sebelum mengklik install di ponsel.

Menggunakan tools pengunduh video memang akan memudahkan Kamu untuk mendokumentasikan berbagai konten berguna dan bermanfaat. Kamu juga tidak perlu membeli atau membayar untuk menggunakan app di atas. Hanya saja, mungkin Kamu harus melihat beberapa iklan yang mana akan menjadi sumber penghasilan bagi pihak developer agar aplikasi bisa terus dikembangkan dan layanan bisa terus berjalan.