Selain Zoom, Berikut Ini Aplikasi Group Video Call Lainnya
Selain Zoom, Berikut Ini Aplikasi Group Video Call Lainnya

Selain Zoom, Berikut Ini Aplikasi Group Video Call Lainnya

One Post
1 detik yang lalu Last Updated 1 detik yang lalu

Aplikasi Group Video CallAplikasi Zoom yang digunakan untuk menunjang meeting jarak jauh memang semakin populer belakangan ini. Terlebih dengan situasi pandemi dimana setiap orang disarankan untuk tetap bekerja dan belajar dari rumah untuk menekan mobilitas massal demi menekan penyebaran Covid19. Alhasil, banyak orang dan instansi yang memanfaatkan software meeting online ini untuk keperluan rapat, menunjang pembelajaran kelas atau sekedar berbincang dengan keluarga dan rekan. Nah, apakah Kamu termasuk calon pengguna perangkat lunak seperti Zoom ini?

Aplikasi Grub Video Call, Aplikasi Metting

Tentang Aplikasi Zoom dan Kelebihan

Sebelum Kamu mulai menggunakan app ini, tak ada salahnya sedikit berkenalan dengan Zoom dan apa kelebihan yang ia tawarkan. Perangkat lunak yang tersedia secara resmi di Google Play Store pada dasarnya adalah layanan cloud yang dikembangkan untuk memudahkan komunikasi berbasis video dengan kualitas High Definition (HD) bersama banyak orang sekaligus.

Kepopuleran software yang satu ini terbukti dengan jumlah unduhan dan pengguna yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Hal ini didasari karena adanya beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini, diantaranya:

1. Video Kualitas Tinggi

Kelebihan utama dari perangkat lunak ini adalah dukungan kualitas video yang menunjang pengalaman komunikasi yang lebih baik. Dengan kualitas HD, Kamu bisa melihat lawan bicara dengan lebih jelas. Berbagai ekspresi, mimik maupun hal lain yang ditunjukkan oleh lawan bicara dalam rapat pun bisa dilihat dengan jernih.

2. Fitur Safe Mode

Fitur Safe Mode memungkinkan pengguna, baik Kamu atau lawan bicara tetap bisa terlibat dalam video meskipun dalam keadaan yang kurang memungkinkan seperti sedang berkendara di jalanan dan lainnya. Dengan begitu, Kamu bisa tetap terhubung dengan aman.

3. Mudah Mengundang Lawan Bicara

Kamu bisa mengirim undangan kepada calon lawan bicara yang ada dalam daftar kontak dengan mudah cukup dengan mengirimkan undangan melalui Gmail, chat Whatsapp, Direct Massage atau berupa link.

4. Dukungan Lintas Platfrom

Dalam suatu kondisi, tak menutup kemungkinan lawan bicaramu tidak bisa mengakses laptop. Untuk itu, Zoom mendukung penggunaan lintas platform yang memungkinkan siapapun bisa terhubung dari ponsel dengan OS android, iOS, Windows dan sebagainya. Tentu saja selama perangkat mereka bisa terhubung ke layanan cloud tersebut.

5. Fitur Layanan Cloud

Seperti yang disebutkan sebelumnya, layanan ini berbasis cloud alias penyimpanan awan yang kini semakin banyak diadopsi pengguna. Dalam layanan Zoom, Kamu bisa melihat kembali video meeting yang tersimpan ke dalam akunmu. Artinya, Kamu bisa mereview kembali acara rapat maupun kelas yang telah Kamu jalani sebelumnya.

6. Fitur Berbagi File, Foto Maupun Video

Seperti halnya layanan cloud yang lain, Kamu pun bisa share berbagai macam file di penyimpanan online tersebut. Artinya, Kamu tak perlu repot=repot pindah ke tempat lain untuk membagikan file dokumen, foto maupun video yang tersimpan dalam akun Zoom tersebut.

7. Layanan Keamanan

Setelah sebelumnya sempat didera masalah isu keamanan, kini layanan zoom sudah dilengkapi dengan fitur enkripsi end-to-end untuk lebih mengamankan data pengguna sekaligus menjaga privasi.

Berbagai kelebihan di atas, membuat banyak orang memilih app yang satu ini untuk mengakomodir kebutuhan mereka untuk mengadakan rapat jarak jauh. Meskipun memiliki kelebihan yang menarik, tak jarang pengguna memiliki kebutuhan atau preferensi tertentu yang tidak bisa diakomodir oleh Zoom sehingga mencari alternatif lain yang lebih sesuai dengan penggunaan mereka.

Daftar Alternatif Aplikasi Meeting Seperti Zoom

Nah kalau Kamu termasuk orang yang kurang cocok dengan aplikasi Zoom ini, maka berikut ini ada beberapa rekomendasi software lain yang layak untuk dicoba:

1. Whatsapp Grup Video Call

Whatsapp Grup Video Call
Aplikasi Whatsapp Grup Video Call

Siapa yang tak kenal dengan app chatting yang satu ini? Ternyata, selain bisa sekedar untuk chatting, Whatsapp juga digunakan untuk rapat atau diskusi jarak jauh via online. Versi terbaru dari app ini sudah mendukung vide call hingga 8 orang sekaligus. Ke depannya, ia akan dikolaborasikan dengan Messenger Rooms yang mampu mengakomodir rapat 50 orang. Lebih banyak lagi jumlah pengguna yang bakal ditampung dalam konferensi Whatsapp ini. Namun yang jelas, Kamu mungkin perlu install aplikasi lagi jika berencana untuk memanfaatkan Whatsapp.

2. Facebook Messenger Desktop

Facebook Messenger Desktop
Aplikasi Facebook Messenger Desktop

Alternatif lain yang masih dari pemilik yang sama yaitu app Messenger Facebook versi desktop untuk komputer Windows maupun Mac. Di software ini, Kamu bisa menggelar konferensi video bersama rekan-rekan yang besar kemungkinan semuanya sudah memiliki akun Facebook pribadi. Meskipun masih terbatas jumlah peserta yang hanya 8 orang saja, alternatif ini bisa jadi pilihan karena digunakan dengan akun Facebook.

3. Google Meet

Google Meet
Aplikasi Google Meet

Google pun tak mau kalah dengan mengenalkan tools percakapan online dengan dukungan panggilan video hingga 250 pengguna sekaligus. Terintegrasi dengan berbagai fitur layanan Google, menjadi kekuatan utama dari tools yang satu ini karena Kamu bisa mengakses caption otomatis dari text-to-speech ataupun jadwal rapat terintegrasi ke Google Calendar. Undangan konferensi juga dibagikan dengan cara yang mudah.

4. Google Hangouts

Google Hangouts
Aplikasi Google Hangouts

Kalau Kamu menginginkan alternatif yang lebih sederhana, maka Google menawarkan Hangouts yang tidak memerlukan langganan G Suite alias gratis. Meskipun hanya mampu mempertemukan 25 peserta saja dalam sekali panggilan, ia tetap menawarkan fitur khas Google seperti integrasi ke Gmail dan Google Drive yang memungkinkan mengakses berbagai file. Hangouts bisa jadi pilihan ideal untuk rapat berskala kecil namun membutuhkan kualitas yang lebih dari sekedar mengobrol.

5. Skype

Skype
Aplikasi Skype

Perangkat lunak yang diperkenalkan Microsoft ini bisa menampung 25 orang secara online dalam sebuah panggilan video. Tak jauh berbeda dari app yang dikembangkan Google, ia juga bisa diakses dari berbagai platform perangkat seperti komputer (PC dan laptop), smartphone, smartTV bahkan telepon rumah. Ia juga memiliki fitur percakapan berbasis teks yang semakin memudahkan berbagai skenario penggunaan.

6. Microsoft Teams

Microsoft Teams
Aplikasi Microsoft Teams

Kalau kelas atau perusahaanmu sudah memiliki atau berlangganan Office 365, tak ada salahnya memanfaatkan fitur dan layanan yang ada. Microsoft Teams bisa dikatakan sebagai gabungan antara fitur chat, audio maupun video call dengan aplikasi perkantoran andalan mereka, Office Word, Excel, dan PowerPoint. Semuanya bisa Kamu pergunakan dalam satu hub sekaligus. Kalaupun Kamu tidak memiliki akses Office 365, tak ada salahnya mencoba layanan versi gratisnya dnegan masa percobaan 6 bulan.

7. Facetime

Facetime
Aplikasi Facetime

Lain lagi kalau Kamu adalah pengguna produk Apple, entah itu iPhone, iPad ataupun iPod Touch. Kamu dan teman-teman pengguna iOS, iPadOS atau iPodOS bisa memanfaatkan Facetime yang sanggup menampung sampai 32 orang dalam sekali panggilan video. Selain eksklusif bagi pengguna produk Apple, Facetime memiliki kelebihan spesifik yang bisa mengakses kamera depan dan kamera belakang sekaligus yang bisa saja sangat berguna saat ingin memperlihatkan sebuah objek kepada semua peserta konferensi secara lebih detail.

8. Slack

Slack
Aplikasi Slack

Alternatif aplikasi Zoom lainnya yang juga cukup populer di kalangan grup perusahaan dan tim ini memang hanya mendukung rapat dengan 15 anggota saja. Namun dari segi keandalan, perangkat lunak ini cukup bisa dipercaya. Kamu pun tak ada salahnya mempertimbangkan opsi ini karena memang cukup membantu produktifitas. Selain bisa diinstal dari perangkat android dan iOS, ia juga mendukung layanan populer seperti Google Drive, Dropbox, Twitter dan sebagainya.

9. Cisco WebEx Meetings

Cisco WebEx Meetings
Aplikasi Cisco WebEx Meetings

Software yang satu ini lebih populer di luar negeri dibanding di Tanah Air. app berbasis panggilan video ini bisa memuat hingga 100 peserta dalam rapat. Cisco menawarkan berbagai paket langganan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ia mendukung screen sharing, dukungan Google Assistant maupun Google Home Hub, fitur menggambar di papan virtual, fitur mengunggah dokumen dan merekam obrolan video.

10. Jitsi Meet

Jitsi Meet
Aplikasi Jitsi Meet

Platform open-source ini bisa dijadikan pilihan video conference secara mudah dengan mengakses situs jitsi.org/jitsi-meet/ dan mulai melakukan panggilan video dari browser. Sementara pada app versi desktopnya, Jitsi Dekstop, Kamu bisa chat, merekam video, blur background hingga integrasi dengan layanan Slack, Google Calendar maupun Office 365. Tentu saja, layanan yang bisa digunakan dengan 75 pengguna lain ini bisa mendukung produktifitasmu.

Itulah informasi tentang aplikasi Zoom, kelebihan dan alternatif yang bisa Kamu pertimbangkan. Kamu pun bisa memilih diantaranya yang menurutmu paling mudah atau sesuai dengan kebutuhan calon lawan bicaramu nantinya.